Talian - Industrial Solution Provider – Maximo Indonesia Contact Us +62 21 29866068

Sumpah Pemuda Indonesia

Bersatu Bangun Bangsa

By Eva Natalia | October 28, 2022

Negara Indonesia yang terdiri atas beribu-ribu pulau, dengan bermacam-macam adat dan budayanya, juga beraneka ragam suku dan ras nya, berhadapan dengan berbagai macam masalah mengenai perbedaan latar belakang tersebut. 94 Tahun yang lalu yaitu pada tahun 1928, pada masa Indonesia belum merdeka, para pemuda merasa bahwa mereka perlu memperkuat bangsa untuk mencapai kemerdekaan. Sebagai saudara sebangsa dan sepenanggungan dalam menghadapi penjajahan, mereka kemudian tersadar oleh sambutan Soegondo pada kongres Pemuda Pertama yang digelar di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Lapangan Banteng pada 27 Oktober 1928, yaitu harapan besar agar semangat persatuan dalam sanubari pemuda Indonesia dapat semakin kuat.

Saat ini, setelah Indonesia telah berhasil melewati lebih dari 77 tahun kemerdekaannya, pemuda-pemuda Indonesia sudah membayar sumpah dengan berbagai macam prestasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun demikian masih banyak juga generasi muda yang mulai malas terlena dengan kemerdekaan saat ini dan bahkan enggan untuk mempunyai sikap kebangsaan. Padahal tanpa rasa kebangsaan, pemuda-pemuda bangsa akan mudah terombang-ambing dan jatuh dalam perbudakan lain yang menguasai. Seperti kita tahu akhir-akhir ini dengan tidak tebendungnya akses informasi yang masih menjadi buah simalakama yang masih perlu pengkajian untuk dapat mengorganisasinya. Tak jarang informasi yang kurang tepat, telah mandarah daging dan diyakini menjadi ideologi baru oleh Sebagian pemuda-pemuda bangsa kita yang berdampak bertambahnya berita-berita kurang wajar.

Untuk mengurangi dampak buruk perkembangan jaman yang begitu cepat ini, marilah kita mempraktekkan kembali nasionalisme dan Gerakan kepanduan. Nasionalisme adalah integritas kepada tanah dimana kita lahir dibesarkan dan saat ini menginjakkan kaki. Sedangkan kepanduan adalah disiplin dan mandiri dalam melanjutkan perjuangan dalam memerdekakan Indonesia. Lalu apa manfaatnya bagi para pemuda Indonesia, tentu saja kekuatan mental dan ketangguhan budi dalam menghadapi segala tantangan perkembangan jaman. Pemuda Indonesia menjadi pemuda yang handal, Tangguh, pantang menyerah dan menang terhadap segala keadaan.

Dengan memperingati Sumpah Pemuda hari ini, pemuda Indonesia diingatkan kembali akan kekuatannya dalam menepati sumpahnya untuk senantiasa Bersatu dan mengesampingkan segala perbedaan dan Batasan untuk kepentingan Bangsa dan Negara.

SHARE POST:

Maximo industry solutions

Maximo helped DC Water save USD 1 million by making smarter asset deployment decisions, all while driving better outcomes for customers

Learn More

Related News

News
News

Selamat Hari Guru

Read More
News
News

Top IBM AI Applications Partner 2020

Read More